Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Rabu, 28 Januari 2015

CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI TENTANG PENDIDIKAN

Pengertian argumentasi  adalah  suatu  bentuk  retorika  yang  berusaha  untuk mempengaruhi  sikap dan  pendapat orang  lain,  agar  mereka  itu  percaya  dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembaca (Keraf,  2000:3). Melalui  tulisan  atau karangan  argumentasi  penulis  harus berusaha  untuk merangkaikan fakta-fakta sedemikian  rupa,  sehingga  ia mampu menunjukkan  suatu  pendapat  atau suatu  hal tertentu  itu  benar  atau  tidak.  

Kata argumentatif  berarti  alasan.  Jadi  paragraf  atau karangan  argumentatif  adalah karangan  yang  memberikan  alasan  kuat  dan meyakinkan. Dalam  argumentatif, penulis menyampaikan  pendapat  yang  disertai  penjelasan  dan alasan  yang  kuat dengan maksud agar pembaca terpengaruh (Diajengani, 2009).
CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI TENTANG PENDIDIKAN

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan karangan Argumentasi :
  1. Berpikir sehat, kritis, dan logis. 
  2. Mencari,  mengumpulkan,  memilih  fakta  yang  sesuai  dengan  tujuan  dan topik,  serta mampu  merangkaikan  untuk  membuktikan  keyakinan  atau pendapat.  
  3. Menjauhkan emosi dan unsur subjektif.
  4. Menggunakan  bahasa  secara  baik  dan  benar,  efektif,  dan  tidak menimbulkan salah penafsiran.  

Contoh Karangan Argumentasi :
  • Lebih-lebih sejak negeri kita terjadi krisis moneter, kecenderungan orang tua mempekerjakan anak sebagai penopang ekonomi keluarga semakin terlihat di mana-mana. Sebagian anak Indonesia belum dapat menikmati kebahagiaan masa kecilnya. Pernyataan demikian pernah dikemukakan oleh seorang pakar psikologi pendidikan Sukarton (1992) bahwa anak-anak kecil di bawah umur 15 tahun sudah banyak yang dilibatkan untuk mencari nafkah oleh orang tuanya Contoh kalimat pertama (1) adalah pernyataan/pendapat Hal ini dapat dilihat masih banyaknya anak kecil yang mengamen atau mengemis di perempatan jalan atau mengais kotak sampah di TPA, kemudian hasilnya diserahkan kepada orang tuanya untuk menopang kehidupan keluarga Kalimat kedua adalah pendukung
Paragraf Argumentatif memiliki dua pola : Sebab ke akibat, yaitu jenis pola pengembangan paragraf argumentasi yag berawal dari peristiwa yang dianggap sebagai penyebab, lalu menuju kepada kesimpulan yang berupa efek atau atau akibat yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut.

Contoh Karangan Argumentasi Sebab - Akibat :
  • Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu maju mundurnya suatu bangsa. Adalah sebuah fakta yang tak terbantahkan lagi bahwa pendidikan di Indonesia adalah pendidikan yang sangat mahal dan tak terjangkau bagi masyarakat yang tidak mampu. Pada tahun 2010 saja terdapat 1,08 juta siswa SD hingga SMA yang putus sekolah. Biaya pendidikan yang mahal diperkirakan menjadi sebab tingginya angka putus sekolah ditahun 2010 tersebut.
Contoh Karangan Argumentasi Akibat - Sebab :
  • Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh umat manusia di era modern sekarang ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi dengan berita- berita bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan lainnya. Yang memakan banyak korban baik harta maupun nyawa, bencana alam buatan yang sering terjadi saat ini tak lain dan tak bukan adalah akibat dari pola hidup sebagian manusia modern yang tidak ramah lingkungan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI TENTANG PENDIDIKAN

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini