Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Kamis, 18 Desember 2014

TIGA KRITERIA PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL ONLINE

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Sekarang semua serba on-line, namun kenapa TIK tidak masuk dalam mata pelajaran. Padahal banyak sekali ilmu yang kita dapat dan persiapkan untuk masa depan terkait dengan ilmu TIK. Ini bisa kita tengok dalam pelaksanaan tes CPNS juga sudah menggunakan teknologi on-line. Kemudian hal terbaru tentang on-line, bahwa ujian nasional juga akan menggunakan sistem on-line.

Disamping on-line menekan biaya operasional dalam ujian nasional. On-line juga praktis dan tidak memakan waktu yang banyak dalam mengolah seluruh data yang masuk (nilai) terkait dengan ujian yang akan diselenggarakan secara bersih dan jujur.

Ada tiga kriteria sistem dalam ujian nasional yang akan dilaksanakan nanti, antara lain bisa dibaca di bawah ini.

TIGA KRITERIA PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL
Sumber google
Ujian Nasional Online atau CBT (Computer Base Test) akan dilaksanakan dengan menggunakan beberapa pendekatan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan penyelenggaraan ujian. Secara garis besar terdapat tiga alternatif sistem, yaitu off-line, semi-online, dan on-line

Ketiga sistem ini memiliki spesifikasi masing-masing. CBT off-line, digunakan untuk sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan jaringan internet. Sehingga pelaksanaan ujiannya melalui jaringan area lokal (LAN) di sekolah.

CBT semi-online, program dikendalikan secara online oleh institusi pendidikan setempat sebagai penyedia layanan (provider) daerah. CBT on-line, yaitu program dikendalikan secara on-line langsung oleh Kemendikbud di Jakarta sebagai provider pusat.

Ujian Nasional Online yang akan diselenggarakan beberapa tahun ke depan dilaksanakan untuk meniadakan kekurangan pada pelaksanaan UN manual. Sebab ujian berbasis kertas saat ini masih banyak memiliki kelemahan. Diantaranya, bentuk soal yang digunakan pada satu tes sulit untuk dibuat bervariasi. 

Tampilan soal terbatas, hanya dua dimensi. Memerlukan banyak biaya penggandaan yang cukup besar, termasuk untuk pengamanan kerahasian soal. Pengolahan hasil memerlukan waktu yang relatif lama.

Oleh karena itu salah satu alteratitf yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). 

Saat ini teknologi tersebut sedang berkembang ke arah penilaian pendidikan. Bentuk pemanfaatannya dengan menerapkan bentuk ujian berbasis komputer (Computer-Based Test-CBT). Pemanfaatan komputer sebagai media dalam pelaksanaan ujian merupakan upaya untuk membiasakan siswa berinteraksi dengan teknologi.

Selain itu pemanfaatan TIK dapat dilakukan untuk penilaian diri sendiri, meningkatkan wawasan dan kemampuan TIK, serta menguatkan pembelajaran melalui latihan ujian.

Sumber : republika
Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TIGA KRITERIA PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL ONLINE

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini