Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Rabu, 17 Desember 2014

TEROBOSAN BARU DALAM KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Bimbingan dan konseling adalah suatu layanan yang bertujuan membantu siswa dan siswi (dalam konteks sekolah) dalam membantu masa perkembangannya selama di sekolah. Baik saat menghadapi masalah yang sedang terjadi maupun akan terjadi nanti sesuai tahapan perkembangan diri secara psikis dan fisik.

Agar layanan bimbingan dan konseling dibutuhkan kedekatan antara guru bimbingan dan konseling dengan siswa/i klien. Tujuannya adalah untuk membuat klien merasa nyaman dan aman ketika dekat dengan guru bimbingan dan konseling.

Terkait dengan tujuan tersebut, ada yang unik di salah satu sekolah di kediri. Pelayanan bimbingan dan konseling ini bekerjasama dengan siswa langsung, seperti apakah kegiatan bimbingan dan konseling ini, silahkan kita baca selengkapnya di bawah ini.

TEROBOSAN BARU DALAM KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING
ENCIL PUSPITONINGRUM
TIM Bimbingan dan Konseling (BK) cilik di SMK Pawyatan Daha 2 Kediri ini lahir Senin (1/9) diprakarsai para guru BK di sana sebagai tindak lanjut program konsultasi remaja antarteman yang dibentuk Pemkot Kediri setahun lalu. Kenapa harus BK cilik? Ternyata para siswa mengaku merasa klop bila curhat dengan teman sendiri karena tak merasa diinterogasi. Nah! Untuk itu setiap kelas menempatkan dua wakilnya di tim BK cilik ini.

“Rasanya seperti banyak teman karena sering dicurhati teman-teman. Kalau bisa saya beri solusi dulu, kalau masalahnya terlalu berat saya tanya pada guru,” ujar Rika, wakil siswa di tim BK Cilik. Setiap dua minggu sekali tim BK Cilik ini bertemu di ruang BK untuk mengevaluasi permasalahan di kelas masing-masing. Para guru BK memberi solusi untuk membantu.

Aprilia SPd, salah satu guru BK SMK Pawyatan Daha 2 Kediri mengatakan jika para siswa tak dapat mengatasi masalah, baru guru BK akan turun tangan. “Dengan adanya tim BK cilik ini tentu sangat membantu dalam menyelesaikan masalah setiap siswa,” akunya, bangga.

sumber : surya tribunnews
Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TEROBOSAN BARU DALAM KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini