Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Jumat, 12 Desember 2014

MASALAH - 2 KURIKULUM DALAM SETAHUN

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Dalam waktu 1 tahun, bapak dan ibu guru akan melaksanakan 2 kurikulum. Sudah siapkah bapak dan ibu guru untuk menjalankan materi semester genap. Kira-kira apa saja yang akan bapak dan ibu guru hadapi jika dalam 1 tahun menjalankan 2 kurikulum.?

Secara teknis sudah berbeda pelaksanaannya, materi pun akan berbeda dari semester ganjil ke genap, apalagi jika semester ganjil sudah diberi materi semester genap. Maka bapak dan ibu guru juga akan kesulitan nanti saat kenaikan kelas, karena memiliki 2 kriteria penilain yang perlu di padukan. kurikulum 2013 dengan penilaian numerik + narasi dengan kurikulum 2006 yang cuma numerik.

Hal tersebut yang disampaikan Ketua Umum Pegurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistyo yang berharap  Kemendikbud harus selektif mengabulkan permohonan pemda yang ingin melanjutkan implementasi Kurikulum 2013 (K-13). "Bagi saya yang menjalankan K-13 itu adalah guru dan kepala sekolah. Jadi bukan pemda atau dinas yang menyampaikan kesiapan," papar Sulistyo kemarin.   

MASALAH - 2 KURIKULUM DALAM SETAHUN
Sumber google
Pria yang juga menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Jawa Tengah itu menuturkan, PGRI sejatinya mendukung kebijakan Mendikbud Anies mengevaluasi K-13. Baik itu dari sisi konten maupun teknis implementasinya. 

Sebab Sulistyo meyakini bahwa penyusunan konsep K-13 masih belum matang dan terlalu dini diimplementasikan secara nasional.   Ketua PGRI sekaligus anggota tim sebelas evaluasi K-13 bentukan Mendikbud baru, Sugito mengatakan, menghentikan kurikulum di tengah tahun pelajaran itu tidak tepat. "Tetapi bagaimana pun juga itu keputusan Menteri," katanya.   

Latar belakang itulah yang membuat beberapa daerah masih menjalankan kurikulum 2013. Bagaimana menurut bapak dan ibu guru..?

Sumber : JPNN
Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MASALAH - 2 KURIKULUM DALAM SETAHUN

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini