Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Selasa, 02 Desember 2014

KURIKULUM TAK AKAN DIGONTA-GANTI

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Ada yang unik dalam pergantian kementrian pendidikan dibawah kepemimpinan Pak Anies selaku menteri pendidikan yang terbaru ini. Beliau mengatakan dengan jelas bahwa beliau tidak akan mengikuti tradisi sebelumnya yang sering gonta-ganti kurikulum. Kesimpulan itulah yang saya ambil dari pernyataan beliau, pernyataan ada dibawah ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melakukan "gonta-ganti" (mengganti) kurikulum yang telah ada (Kurikulum 2013) dan hanya akan melakukan perbaikan agar lebih sempurna.

"Saya tegaskan Kemendikbud tidak akan gonta-ganti kurikulum, kita ingin menyempurnakan yang sudah ada agar dapat dijalankan dengan baik di semua sekolah oleh semua guru," katanya di Jakarta, Senin (1/12).

KURIKULUM TAK AKAN DIGONTA-GANTI
Sumber google
Ia menyampaikan hal itu saat bersilaturahim dengan sekitar 650 kepala dinas pendidikan provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia di Aula Ki Hajar Dewantara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Anies, saat ini tim sedang bekerja untuk mengevaluasi Kurikulum 2013 dan sedang mencari cara agar produk yang sudah baik ini dapat dijalankan dengan cara yang baik pula.

"Artinya akan dilakukan evaluasi apakah akan dilaksanakan semua, atau sebagian dan dicek kesiapan guru dalam melaksanakannya sehingga tidak terkesan hanya sekadar memaksakan keinginan pemerintah pusat di Jakarta saja," kata dia.

Ia menegaskan bahwa hal yang lebih penting dalam penerapan suatu kurikulum adalah memastikan kesiapan guru di seluruh Indonesia benar-benar bisa melaksanakannya dengan baik.

Selama ini yang terjadi di Jakarta sering dibuat berbagai aturan dan kebijakan, sementara yang melaksanakan dinas pendidikan dan guru di daerah.

"Seharusnya dilihat dulu kenyataan di lapangan seperti apa baru dibuat aturan yang sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan," katanya.

Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KURIKULUM TAK AKAN DIGONTA-GANTI

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini