Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Jumat, 05 Desember 2014

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DIHENTIKAN KEMENDIKBUD

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Hasil dari konferensi pers kemendikbud sore tadi terkait kurikulum 2013, tentang keputusan pemerintah melanjutkan atau menghentikan kurikulum 2013 dan kriteria sekolah yang harus melanjutkan kurikulum 2013. berikut paparannya bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memutuskan untuk menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di seluruh Indonesia. Keputusan ini berlaku untuk sekolah-sekolah yang baru menerapkan satu semester Kurikulum 2013 di tahun ajaran 2014/2015.
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DIHENTIKAN KEMENDIKBUD
Sumber google

"Dari rekomendasi tim evaluasi, ada hal-hal yang harus diperbaiki. Hal-hal itu menyangkut soal keselarasan ide dan desain, keselarasan gagasan dan isi buku teks. Kemudian menyangkut kesiapan sekolah, guru, dan buku yang sebagian sekolah belum terima baik untuk semester satu dan dua," ujar Anies dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta, Jumat (5/12) sore. 

Dengan adanya keputusan ini, sekolah-sekolah kembali menggunakan Kurikulum 2006 sebagai pedoman belajar mengajar di semester kedua. 

Sementara untuk 6.221 sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 sebanyak tiga semester, Anies menambahkan, sekolah tetap menerapkannya. Sambil terus diperbaiki dan dikembangkan kurikulumnya. 6.221 sekolah ini nantinya akan menjadi sekolah percontohan dan pengembangan Kurikulum 2013. 

"Proses penyempurnaan Kurikulum 2013 tidak berhenti, akan diperbaiki dan dikembangkan serta dilaksanaan disekolah-sekolah percontohan yang selama ini telah menggunakan Kurikulum 2013 selama tiga semester terakhir," katanya. 

Selama proses perbaikan berlangsung, Anies melanjutkan, Kemendikbud terus memberikan pelatihan Kurikulum 2013 kepada semua guru. Sistem pelatihan juga dirubah. Jika sebelumnya pelatihan dihitung per guru, kali ini pelatihan dihitung per sekolah. Artinya semua guru dalam satu sekolah mendapatkan pelatihan. 

Jika perbaikan sudah dilakukan, semua guru dan kepala sekolah sudah siap, dan distribusi buku sudah diterima maka Kemendikbud siap mengimplementasikan Kurikulum 2013. 
"Diperbaiki dulu, dilengkapkan dulu. Kalau sudah siap guru dan kepala sekolah dilatih baru dijalankan," kata Anies.

Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DIHENTIKAN KEMENDIKBUD

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini