Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Minggu, 21 Desember 2014

CARA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI

1. Faktor-faktor yang Dapat Membantu Meningkatkan Rasa Pecaya Diri

Setiap individu/seseorang cenderung mengharapkan dirinya berkembangan dan dapt menajdi lebih baik lagi. Perkembangan kemampuan/potensi seseorang tidak akan berwujud begitu saja apabila tidak diupayakan dan seberapa jauh seseorang mengupayakan sehingga bisa mewujudkan potensinya menjadi actual dan terwujud dalam sikap serta kepribadiannya. Hal ini dapt diperoleh apabila seseorang tersebut setidaknya memiliki rasa percaya diri terlebih dahulu, sehingga dapat meningkatkan perkembangannya baik oleh dirinya sendiri maupun lingkungan yang akan membantu untuk pencapaiannya.

Ada beberapa faktor yang dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri, diantarana ialah :

CARA MENINGKATKAN PERCAYA DIRIa. Pengenalan diri : Mutlak diperlukan bagi siapa saja untuk mengenali dirinya sendiri, segala kelebihan maupun kekurangan setidaknya diketahui untuk dapat meningkatkan perkembangn sikap pribadi.

b. Umpan balik ; adalah sarana yang efektif untuk berinteraksi baik dengan diri sendiri maupun lingkungannya untuk memperoleh jati dir kita yang sebenarnya agar mempermudah perkembangan sikap pribadinya.

c. Upaya pembentukan sikap : adalah sebuah upaya untuk mengembangkan segi positif dan mengatasi segi negative yang dimiliki sehingga mampu memupuk sikap-sikap positif sesuai dengan peran Anda sebagai remaja saat ini.

d. Pengembangan dir : hendaknya sejalan dengan penyesuaian terhadap lingkungan sosia, yang dapat membangkitkan rasa puas, karena selain Anda mampu mengembangkan diri, lingkungan pun bisa menerima diri Anda dengan baik.

Keseluruhan berbagai faktor tersebut tak terlepas dengan diawali adanya rasa percaya diri yang tumbuh, dan tumbuh berkembang sesuai dengan usia dan kegiatan di lingkungan Anda.
Coba Anda renungkan dan ungkapkan kelebihan-kelebihan atau kekuatan-kekuatan dalam bidang apa saja yang ada dalam diri Anda.

No. Aspek Kelebihan dan 
kekurangan Diri
1. Fisik
a. Panca Indra

b. Fungsi tubuh dan kekuatan
c. Lain-lain
2. Multi Kecerdasan :
a. Linguistik
b. Matematis – Logis
c. Spasial
d. Kinestetik Jasmaniah
e. Musikal
f. Interpersonal
g. Intrapersonal
h. Naturalis

3. Minat dan Hobi
4. Bakat
5. Prestasi 
Keahlian/ Keterampilan



2. Faktor-faktor yang Dapat Mengurangi Rasa Pecaya Diri dan Upaya Mengantisipasinya

Dalam kegiatan sehari-hari seseorang seringkali tiba-tiba merasa tidak yakin atau sering disebut tidak “ PD ” , percaya diri tentunya adanya faktor-faktor yang disengaja mapun tidak sengaja bahwa ada hal-hal yang ditinggalkan dari kebiasaan rutinnya. 

Contoh : Isfaniatun, seorang remaja puteri duduk di kelas II SMA kebiasaan sehari-harinya adalah selalu survive karena persiapan dirinya baik untuk mengikuti pelajaran maupun sedikit mepercantik diri, bahkan senyum selalu menghiasi bibirnya takkala bertemu dengan siapapun. Ketika muncul rasa percaya diri, ia menyadari ada yang terlupakan, bahwa deodorant yang dimilikinya tak mampu lagi dioleskan pada tubuhnya, karena habis. Benakah hanya karena hal tersebut membuat Isfaniatun menjadi lentur rasa percaya dirinya ? Adakah penyebab lainnya sehingga dapat membuat seseorang menjadi kurang rasa percaya dirinya ?

Ada beberapa faktor yang dapat mengurangi rasa percaya diri dan upaya mengatasinya, diantaranya :

  1. Kemampuan/Potensi seseorang yang mulai berkembang, akan luntur secara tiba-tiba, jika dita tahu banyak orang disekitar kemampuannya lebih dair dirinya.
  2. Kecantikan ataupun ketampanan seseorang yang terlihat sekilas, akan luntur secara tiba-tiba bagi pemiliknya dikarenakan adanya kekurangan yang ada pada dirinya, missal rambut rontok dan berkoteombe, atau bau badan dan bau mulut karena gigi berlobang atau seseorang merasa tubuhnya pendek, gemuk, kulitnya lebih gelap.


Dari dua contoh tersebut dapat dipetik, intinya bahwa kepercayaan diri yang sedang berkembang, masih sangat minimal sekali taraf percaya diri tersebut. Sehingga mudah sekali luntur. Dan akan sangat berbeda bagi seseorang yang memiliki rasa percaya diri secara mantab, tentu dia akan selalu mewaspadai keseluruhan kebutuhannya sebagai pelengkap dan pendukung kuat untuk rasa percaya diri. 

Dan upanya mengantisipasinya dengan selalu kita kembalikan, bahwa segala sesuatu yang kita miliki yang ada pada diri kita adalah dari Tuhan Yang Maha Esa, tinggallah bagaimana kita diberikan segala kesempurnaan maupun kekurangan ini diperihara sehingga tetap akan muncul rasa percaya diri kepermukaan.

Sumber : Kumpulan materi bimbingan dan konseling Penerbit  Tim Paramitha Publising Yogyakarta 2011

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CARA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini