Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Rabu, 08 Januari 2014

BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF

Pengertian Bimbingan dan Konseling
Komprehensif
Bimbingan dan konseling merupakan system yang dibuat guna membantu klien dalam mengembangkan potensi dirinya seoptimal mungkin. Namun dalam prosesnya, siswa tidak selalu mengalami perkembangan yang baik, namun terkadang sifatnya fluktuatif atau tidak stabil. oleh sebab itulah, guna membantu siswa dalam perkembangannya perlu diberikan layanan bimbingan dan konseling yang komprehensif. 
Bimbingan dan konseling komprehensif diprogramkan bagi seluruh siswa, artinya bahwa semua peserta didik wajib mendapatkan layanan bimbingan dan konseling. Oleh karena itu bimbingan dan konseling komprehensif perlu memperhatikan: (1) ruang lingkup yang menyeluruh, (2) dirancang untuk lebih berorientasi pada pencegahan, dan, (3) tujuannya pengembangan potensi peserta didik (Suherman, 2011:51). 
Ruang lingkup bimbingan dan konseling komprehensif tidak hanya berorientasi pada peserta didik sebagai pribadi saja, namun semua aspek kehidupan siswa sejak usia dini sampai usia remaja (SMA/SMK). Dimana focus utamanya adalah teraktualisasinya potensi peserta didik dan berkembang optimal sehingga peserta didik dapat meraih sukses di sekolah maupun masyarakat. 
Titik berat bimbingan dan konseling komprehensif adalah mengarahkanpeserta didik agar mampu mencegah berbagai hal yang dapat menghambat perkembangannya. Selain itu, melalui hal preventif peserta didik mampu memutuskan dan memilih tindakan-tindakan tepat ang dapat mendukung perkembangannya. Agar pelaksanaan program bimbingan dan konseling komprehensif berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, maka harus dipahami 5 premis dasar Bimbingan dan konseling komprehensif. Menurut Gysbers dan Henderson (2006:28) lima presmis tersebut adalah :


  1. Tujuan Bimbingan dan konseling bersifat kompatibel dengan tujuan pendidikan. 
  2. Fokus utama layanan bimbingan dan konseling adalah mengawal perkembangan peserta didik melalui pemenuhan fasilitas perserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi mandiri dan lebih optimal 
  3. Program bimbingan dan konseling merupakan Team Building Approach artinya merupakan suatu tim yang bersifat kolaboratif.
Silahkan download contoh program komprehensif terbaru lengkap sampai program harian...
:::::::::::::::::::
Program BK Komprehensif 
:::::::::::::::::::

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Related : BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini